Pernah Merasa Jatuh saat Tidur? Ini penjelasannya

May 13, 2017

Setelah beraktivitas seharian pastinya anda butuh istirahat, dan istirahat itu adalah tidur. Namun bagaimana jika saat tidur anda merasa terjatuh dan sontak membuat anda terkejut dan terbangun dari tidur.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Rupanya saat anda tidur, gelombang otak akan lebih lambat dan gerakan tersentak yang anda alami itu karena tubuh terlalu lelah,  sehingga tidak melalui tahapan tidur normal.  Akibatnya gerakan kaget itu adalah sebuah refleks yang sifatnya ingin melindungi.

Di lansir dari WomensHealtMag , hal hal tersebut di sebabkan oleh kedutan yang dirasakn oleh lengan,  kaki ataupun seluruh tubuh.  Namun jangan khawatir,  kejadian ini sangatlah umum dan tidak membahayakan,  70% manusia pernah mengalami fenomena ini atau yang di sebut dengan hypnic jerks.

Pengeb pasti dari kondisi ini memang tidaj jelas. Namun ada teori yabg mengatakan otaj tertidur sebelum tubuh,  sehingga otot salah menafsirkan.

Sedangkan para dokter juga belum begitu yakib mengenai hala apa yabg menyebabkan anda merasa terjatuh saat tidur,  namun meraka memiliki hipotesis sendiri seperti, sistem saraf berada di kode tidur.  Hal tersebut membuat rileks dan detak jantung melambat,  saat itu juga suhu tubuh akan tidur dan menyebabkan pergeseran otot.

Menurut Breus,  kondisi ini dipicu waktu tidur yang terus kurang. Semakin kurang waktu tidur anda,  semakin cepat pula otak anda tertidur dan menyebabkan hypnic jerks,  karena itu pastikan waktu tidur anda memenuhi waktu normal yakni delapan jam per malam. 

Sumber

Plus. Kapanlagi. Com

Previous
Next Post »