Inilah Alasan Mengapa Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Ketika Dibungkus?

May 12, 2017

Lidah kita akan bergoyang ketika mendengar masakan yang satu ini. Saya rasa tak ada warga Indonesia yang tak suka dengan cita rasa masakan Padang. Masakan ini sudah sejak lama menjadi favorit di Indonesia. Puncaknya, masakan Padang khususnya rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Sebuah prestasi dalam dunia kuliner Indonesia.

Warung Padang tersebar di seluruh Indonesia dan ada yang buka hingga 24 jam. Makan nasi Padang di warung lebih nikmat, dibungkus dan dibawa pulang juga sama-sama nikmatnya. Namun pernahkah anda sadari bahwa porsi nasi Padang lebih banyak ketika dibungkus?

Hal ini memang benar adanya, kebanyakan warung Padang memberikan porsi nasi yang lebih banyak untuk pelanggan di semua restoran Padang. Tak hanya restoran saja namun dihampir semua warung-warung kecil nasi Padang juga turut melakukan kebiasaan yang sama. Ternyata kebiasaan itu tak lepas dari kebiasaan orang Minang.

"Kalau dibungkus, nasinya pasti lebih banyak. Memang begitu kebiasannya, di semua restoran", ujar Reno Andam Suri yang seorang ahli kuliner Minang seperti yang dilansir dari KompasTravel

Menurut Reno, orang Minang pada umumnya mempunyai kebiasaan bahwa mereka yang membeli dengan cara dibungkus tidak akan makan sendirian di rumah. Itulah alasan pertama mengapa nasi yang dibungkus bisa lebih banyak karena tidak hanya untuk dimakan satu orang melainkan untuk lebih dari satu orang.

Alasan kedua adalah tiap warung Padang punya patokan masing-masing dalam hal membungkus nasi. Patokan tersebut adalah seberapa banyak nasi yang harus diberikan kepada penikmat untuk dibawa pulang. Yang jelas porsi nasi tetap lebih banyak.

Dari segi harga, beberapa warung Padang menetapkan harga yang berbeda-beda mulai dari Rp 10.000 - 12.000. Sudah banyak juga warung Padang yang mengijinkan anda mengambil nasi sebanyak mungkin ketika anda makan di warung tersebut.

Selain rasanya yang sangat nikmat, terdapat keunikan tersendiri dalam hal penyajiannya. Masakan Padang adalah warisan kuliner yang tak akan lekang oleh waktu. Masakan yang mampu menonjolkan jati diri bangsa Indonesia lewat beragam olahan kuliner sesuai kebudayaan tiap suku bangsa kita.

Previous
Next Post »