Lama Punah, Ilmuwan Akan "Bangkitkan" Hewan Purba Ini

May 14, 2017

Tim ilmuwan dari Harvard University berencana untuk membangkitkan kembali mamut dengan cara membuat embrio yang merupakan campuran atau hibrida dari mamut dan kerabatnya yang masih hidup, yaitu gajah asia.

Dilansir dari laman nationalgeographic.co.id "Tujuan kami yaitu memproduksi embrio hibrida mamut dan gajah asia. Sebenarnya hewan itu akan menjadi lebih mirip gajah dengan beberapa ciri mamut," ujar George Chruch, peneliti studi.

Chruch menjelaskan bahwa proses tersebut melibatkan DNA dari sisa-sisa mamut yang terawetkan pada tundra beku. DNA tersebut kemudian disambungkan dengan genom gajah asia. Kedua spesies tersebut berkerabat sangat dekat. Bahkan seandainya mamut masih hidup hingga saat ini, mereka akan mampu berkembang biak dengan perkawinan antar spesies.

Dalam bayangan Church, hewan hibrida tersebut bisa tinggal dikawasan tundra di Kanada dan Rusia. Chruch juga berpendapat bahwa keberadaan mereka dapat membantu mencegah dampak perubahan iklim dengan berbagai cara. Salah satunya, mamut dapat menyingkirkan salju yang tebal, sehingga memungkinkan udara dingin berpenetrasi ke dalam tanah.

Tim peneliti Church tersebut berencana menumbuhkan hewan purba tersebut dalam rahim buatan,dan tidak menggunakan gajah hidup. Tetapi beberapa ilmuwan skeptis dengan ide tersebut dan mengatakan bahwa skema rahim buatan memiliki kekurangan serius tersendiri.

Previous
Next Post »